DMR UASBN 2008

Tahun pelajaran 2007/2008 untuk pertama kalinya diadakan UASBN SD yang tentunya merupakan hal baru bagi seluruh jajaran SD mulai dari tingkat dinas pendidikan, kepsek, guru dan siswa. Permasalahan yang timbulpun akan sedikit berbeda dengan pelaksanaan ditingkat SMP dan SMA. Permasalahan yang muncul terutama masalah teknis dilapangan.

Salah satu hal yang terpenting dalam rangkaian pelaksanaan UASBN adalah pemeriksaan dengan menggunakan Scan DMR. Untuk suksesnya pelaksanaan scan DMR, maka PUSPENDIK telah mengundang seluruh dinas propinsi dan kabupaten/kota seluruh indonesia untuk dilatih melakukan pemindaian LJK menggunakan scan yang telah/ akan dibagikan.

Setelah pelatihan selesai, peserta kembali ke daerah masing-masing untuk melakukan uji coba. Ternyata setelah dicoba di daerah masing-masing, banyak sekali ditemukan kendala teknis menyangkut setting scan sehingga hasil pemindaian tidak sesuai seperti yang diharapkan, belum lagi masalah pengolahan data yang mana database DNT yang blm “klop” akan menimbulkan masalah pada proses pemindaian. Kesimpulannya, Konsep dan cara kerja program scan DMR harus dipahami sebelum melakukan scan LJK.

Pemindaian menggunakan scan DMR ini menyangkut masalah teknis. Jadi, idealnya pesera harus mengerti tentang Teknis komputer dan sedikit memahami masalah pemrograman. Masalah teknis diperlukan untuk menginstall hardware dan software pendukung serta menangani troubleshoot perangkat scanner, sedangkan memahami pemrograman untuk menangani struktur folder, letak file program yang dibutuhkan, letak file database yang dibutuhkan, letak hasil pemindaian, dan letak hasil olah pemindaian, serta mampu memilah-milah file (e.g yang mana file hasil scan, file hasil olahan, mata uji apa, dan file tersebut milik sekolah mana)

Sebagai rujukan, dapat mengunjungi http://uasbn.digitalmarkreader.net/

Bagaimanapun juga, Scan LJK suatu keharusan dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Semoga semua permasalahan dapat diatasi, selamat berjuang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: