Pseudoephedrine pengganti Phenylpropanolamine

Saat heboh-hebohnya kasus Phenylpropanolamine yang dinyatakan berbahaya, saat itu juga saya terserang flu. Biasanya cukup dengan minum Procold, dalam satu hari langsung reda. Namun setelah melihat daftar obat yang mengandung Phenylpropanolamine, saya jadi enggan minum obat Procold karena masuk dalam daftar obat berbahaya tersebut. Akhirnya saya memutuskan untuk minum Bodrex, karena tidak masuk dalam daftar berbahaya. Namun karena biasa minum procold, bodrek nampaknya tidak ada reaksi.
Dengan sedikit ragu akhirnya saya putuskan juga minum procold, namun dosisnya dikurangi, biasanya satu biji, saya kurangi menjadi setengahnya. alhamdulillah flu saya agak reda walaupun minum setengah dosis. Namun saya masih ragu untuk melanjutkan minum procold karena katanya mengandung Phenylpropanolamine. Akhirnya saya browsing sana-sini, ternyata Phenylpropanolamine masih aman dibawah 15mg. Selain itu saya juga menemukan referensi bahan pengganti Phenylpropanolamine yang cukup aman namanya pseudoephedrine.
Karena penasaran, akhirnya saya baca kemasan kandungan procold yang saya minum tadi, anehnya disana tidak tercantum Phenylpropanolamine, namun yang tercantum adalah pseudoephedrine yang dinyatakan aman.
Sampai saat ini saya masih bingung, kenapa obat pavorite  saya (procold) koq dinyatakan mengandung Phenylpropanolamine, padahal kandungan yang tertera pada kemasannya tertulis pseudoephedrine yang dinyatakan aman. Jadi procold yang mana yang mengandung phenylpropanolamine? apakah kemasan lama ? tau ah…

Tinggalkan Balasan

